Assalamu'alaikum, Halo Sobat ! | Blogger area : Daftar | Login
Sosok | Kontak | Jejaring Sosial | Berita | Donasi | Sitemap

For Sale

produk 1
produk 2
produk 3
produk 4
produk 5
produk 6
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Pengunjung

free counters

Statistik

Home » » » » » SINERGI TANGGUH Pemanfaatan E-Library, E-Sarpras dan Multimedia Center Sekolah guna memaksimalkan kemampuan TIK Civitas Sekolah

SINERGI TANGGUH Pemanfaatan E-Library, E-Sarpras dan Multimedia Center Sekolah guna memaksimalkan kemampuan TIK Civitas Sekolah

Selasa, 11 November 2014

Analogi sebatang lidi yang akan menjadi tangguh ketika dihimpun lalu diikat satu sangatlah tepat bila diasumsikan dengan kekuatan tangguh yang akan muncul ketika beberapa fasilitas publik yang disediakan untuk suatu civitas sekolah dapat disinergikan menjadi satu yakni satu kekuatan baru pendorong kemajuan di berbagai aspek lainnya. Mengimplementasikan pengetahuan dan kemajuan di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ke dalam beberapa fasilitas tersebut sehingga melahirkan layanan informasi secara virtual/elektronik dipastikan akan mampu membuka peluang melakukan upaya sinergi secara berkesinambungan dan memberikan hasil secara maksimal di sekolah.



Tulisan ini hanyalah sepenggal dari rimbunnya ide penulis untuk merealisasikan proyek sinergi ini yang Insya Allah telah bisa dilihat secercah harapan melalui action kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan secara konsisten. Penerapan TIK kedalam Standar Operasional Perusahaan meliputi semua kegiatan berkaitan perpustakaan seperti kodifikasi buku, pembuatan catalog buku online, pusat informasi digital, bahkan pinjam/meminjam buku melahirkan yang namanya eLectronic Library atau Perpustakaan Digital. TIK memberikan kemudahan bagi sekolah membangun perpustakaan digital yang fungsinya tak ubahnya perpustakaan konvensional namun jangkauan akses layanan lebih luas dan tak terbatas serta terdapat prestise tersendiri jika sudah dilengkapi dengan komponen-komponen TIK berteknologi mutakhir seperti penyediaan halaman website dinamis, penerapan software manajemen kepustakaan terpadu yang telah dilengkapi dengan device barcode scanner, webcam dan mesin pencetak kartu Anggota. Singkat kata, TIK berhasil memberikan transformasi besar-besaran ke dalam fasilitas perpustakaan sekolah sehingga menjadi lebih nyaman, lengkap dan dicintai para anggotanya. Dampak positifnya, pandangan civitas sekolah akan perpustakaan akan makin baik dan hasilnya akan terjadi peningkatan semangat baca di kalangan civitas sekolah pada khususnya. Pada akhirnya, semua hati dan mata barulah akan mengakui bahwa Perpustakaan benar-benar jendelanya dunia sekaligus gerbang segala ilmu pengetahuan.

SMK Negeri 6 Palembang termasuk salah satu sekolah yang paling semangat memasyarakatkan e-Library yang mana bisa dibuktikan dari kesungguhan internal sekolah mengelola secara aktif halaman website e-Library resmi sekolah beralamat : www.elibrary-smkn6plg.net. Keberadaan halaman website perpustakaan digital ini secara langsung memberikan kesempatan kepada penulis bergerak lebih ke depan dalam merealisasikan sinergi ketiga lini fasilitas publik yang ada.

e-Library mewujudkan semangat menggali ilmu pengetahuan dan bukti implementasi TIK di sekolah


Lalu bagaimana dengan e-Sarpras? Terdengar sangat baru dan kurang familiar di telinga kita. Ya, Anda benar. Electronic Sarana dan Prasarana (e-Sarpras) adalah ide baru yang penulis cetuskan untuk bisa membantu memudahkan pejabat sekolah yang diamanati mengelola sarana dan prasarana sekolah. Pasalnya, meski terlihat mudah nyatanya sangat sulit untuk bisa melakukan kegiatan berkaitan sarana dan prasarana khususnya di sekolah-sekolah dengan fasilitas pendukung banyak dengan siklus perganian, perpindahan lokasi, pemeliharaan, perganian yang tinggi. Penulis berkesempatan merasakan sendiri pahit getirnya diamanati untuk terlibat dalam kegiatan memelihara (maintenance) peralatan pembelajaran sekolah meliputi LCD Projector, Laboratorium Komputer, Air Conditioner, Printer, dan sebagainya. Bagi penulis, tak hanya sebatas kesulitan yang muncul dari operasional kegiatan untuk memelihara tetapi pada praktiknya juga ditemui panjangnya jalur birokrasi proses terkait keuangan jika menyangkut pergantian atau penambahan komponen pada peralatan yang diindikasi mengalami kerusakan. Tak jarang, proses perbaikan atau pemeliharaan akan memakan waktu yang cukup lama. Bukan salah pejabat yang berwenang, tetapi memang system birokrasi yang biasa ada di sekolah memanglah demikian adanya. Faktor "sibuk" bisa jadi kendala paling krusial yang melatarbelakanginya. 

Birokrasi haruslah transparan dan proses pemeliharaan/perbaikan haruslah ditangani secepatnya. Sebab ini menyangkut kepentingan orang banyak untuk memudahkan proses pembelajaran di sekolah berjalan secara baik. Dari pengalaman penulis tadilah timbul keinginan untuk turut membuat sebuah layanan berbasis web yang secara sederhana mengkolaborasikannya dengan fitur Google Docs/Google Drive untuk menyediakan informasi semua inventaris yang telah ada menurut kategori masing-masing serta kondisi terakhir dari peralatan-peralatan dan sarana/prasarana lainnya. Tak hanya itu, akan disediakan formulir online yang bisa dipantau dan diisi secara bersama-sama oleh pihak pejabat Kepala Sarana dan Prasarana, Bendahara/Bagian Keuangan Sekolah beserta Staf IT/Teknisi. Jika Teknisi/Staf IT melakukan pemeliharaan dan pengecekan secara berkala berdasarkan data yang diberikan oleh kepala Sarana dan Prasarana kemudian menginput hasilnya maka akan dengan cepat diketahui oleh bagian keuangan bilamana terdapat beberapa peralatan yang perlu dibeli. Proses akan terasa semakin lebih cepat dan upaya pemeliharaan dan inventaris sarana dan prasarana akan berjalan secara optimal. Sekalipun saat ini, e-Sarpras masih berupa konsep di atas kertas namun penulis sangat yakin perealisasiannya tidaklah mustahil. Kita tunggu saja, waktu akan menjawabnya. 

Satu lagi, fasilitas yang sudah pasti berkaitan erat dengan kemajuan TIK sekolah adalah Laboratorium Komputer atau biasa disingkat ruang SAS (Self Access Study) atau Multimedia Center. Ruangan yang berisi segala perangkat jaringan, puluhan computer, perangkat multimedia pendukung, serta Wifi Signal sudah pasti menjadi rujukan utama seluruh civitas sekolah untuk mengakses informasi dan memanfaatkan ketersediaan fasilitas yang disebutkan di atas untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pelajar untuk membuat tugas, guru untuk mencari tambahan informasi untuk pembelajaran, dan berbagai kepentingan lainnya. Singkatnya, keberadaan Multimedia Center begitu sangat vital dan dirasa unit computer yang tersedia selalu saja kurang sebab animo pengguna fasilitas ini sangatlah besar di semua sekolah tanpa terkecuali. Memaksimalkan fasilitas yang terdapat di ruang Multimedia Center adalah perkara wajib yang harus dilakukan. Peranan Multimedia Center sangat erat kaitannya dalam mensukseskan penerapan kelas maya dalam proses kegiatan belajar dan mengajar secara virtual. Alhamdulillah, penulis terus berusaha istiqomah memanfaatkan layanan Edmodo yang tersedia secara gratis ini.

Implementasi kelas maya secara aktif dan konsisten dalam proses pembelajaran di sekolah

Pelatihan untuk pengembangan wawasan dan skill TIK dirasakan penulis sangatlah penting!

Nah, jika kenyataannya demikian maka dengan mudah bisa kita bayangkan betapa besar manfaat yang akan diperoleh bilamana seluruh sekolah berhasil mensinergikan tiap-tiap lini ketiga fasilitas publik ini. Takkan ada lagi Guru/Siswa yang gaptek, takkan lagi perpustakaan sepi pengunjung dan kemajuan kualitas pendidikan di sekolah pun akan membaik dan terus meningkat. Upaya sinergi ini tidaklah memakan biaya yang ekstra besar, sebab sinergi yang dimaksudkan disini hanyalah melakukan optimasi terhadap fasilitas yang telah ada lalu menambahkan ke dalamnya aspek teknologi TIK kemudian menyusun system handal untuk memastikan sinergi bisa dipahami dan diikuti oleh semua pihak terkait sehingga tidak saling tumpang tindih dan berhasil mencapai suatu sinergi yang benar-benar tangguh di sekolah bersangkutan.

Berikut ini adalah video yang merupakan visualisasi ide SINERGI ANTARA E-LIBRARY, E-SARPRAS dan OPTIMASI LABORATORIUM KOMPUTER (MULTIMEDIA CENTER) di Sekolah :



Kesimpulan dari gagasan ini bisa terlihat dari ilustrasi berikut :



Berdasarkan fakta yang ada setidaknya “requirement” yang seharusnya turut diperhatikan secara serius oleh sekolah dalam rangka mengimplementasikan secara menyeluruh TIK dalam aktivitas sekolah ialah :
  1. Tersedianya laboratorium computer/Multimedia Center yang berspesifikasi memadai untuk menunjang kegiatan komputerisasi dan browsing. Setidaknya tersedia minimal 20 PC yang terkoneksi dengan jaringan Internet (LAN/Hotspot) bebas gangguan teknis yang siap dimanfaatkan oleh civitas sekolah. Makin nyaman kondisi lab komputer, makin tinggi semangat civitas sekolah lebih dekat dengan perkembangan TIK. 
  2. Tersedianya infrastruktur internet khususnya wifi signal berkecepatan akses memadai dalam mendukung kegiatan browsing serta aktivitas yang berkaitan dengan TIK lainnya seperti pemanfaatan e-Library, pengelolaan e-Sarpras, Pelaksanaan kelas maya melalui Edmodo, pertukaran data melalui Google Drive dan lain sebagainya 
  3. e-Sarpras memegang peranan penting dalam kemajuan TIK sebab bila kegiatan inventaris sarana & prasarana khususnya terkait perangkat komputer, jaringan internet dan multimedia bisa berjalan secara benar maka proses pemeliharaan, penambahan, peningkatan serta perbaikan perangkat bisa dikelola secara maksimal. Informasi up to date  yang tersedia di e-Sarpras sangat besar manfaatnya bagi penyediaan fasilitas yang berkualitas prima. Sebagai langkah preventif paling efektif dalam pengelolaan semua fasilitas komputer yang telah ada.
  4. Indikator lain yang tak kalah penting adalah menumbuhkan semangat di hati seluruh civitas sekolah akan pentingnya memaksimalkan kemampuan di bidang TIK melalui aktif dalam memanfaatkan kelas maya Edmodo. Semangat untuk ‘memakmurkan’ TIK di sekolah adalah kekuatan terbesar yang bisa mempercepat proses implementasi TIK ke semua komponen sekolah sehingga berhasil menjadikan TIK bagian utama dalam pelaksanaan operasional sekolah. Keberhasilan satu sekolah akan penerapan TIK secara menyeluruh akan mampu menginspirasi sekolah-sekolah lainnya. Sekolah berhasil mencetak generasi gemilang yang melek teknologi, Indonesia Berjaya lantaran didiami SDM berkualitas dan ICT Oriented. Hal ini akan sangat besar sekali kontribusinya dalam kesiapan menghadapi MEA 2015!
  5. Hasil akhirnya, upaya sinergi ini akan melahirkan generasi muda didikan "rahim" pendidikan tanah air yang semangat berpartisipasi dalam kemajuan TIK, tidak "Gaptek" serta memiliki etika berinternet yang positif sebab ditunjang oleh kepribadian yang berbasis IPTEK dan IMTAQ hasil penggembelengan di bangku sekolah. 

 BUKAN ZAMANNYA LAGI UNTUK GAPTEK! 
ANAK KECIL SAJA SUDAH BISA PAKAI LAPTOP :)

Akhirnya, penulis memanjatkan do’a dan pengharapan yang besar kepada seluruh pembaca agar kiranya mengkaji bersama atas ide sinergi ketiga fasilitas public ini yang berbasis digital. Dan, penulis akan begitu sangat senang bila ikhtiar ini bisa ditindaklanjuti secara serius dan mendalam lagi oleh pihak-pihak lain yang satu visi dengan penulis. Sebagaimana jargon Kementerian Komunikasi dan Informasi "Komunikasi Lancar, Informasi Benar", diharapkan sinergi ini dapat menjembatani harapan ini menjadi realita yang bisa dinikmati secara merata.

Semoga para Guru selalu istiqomah untuk memperjuangkan pembaharuan tanpa pamrih dan tiada mengedepankan untung semata. Ikhlas mendidik, ikhlas berbagi Ilmu pastilah akan bernilai pahala yang ganda di sisi Rabb yang Maha Kuasa. Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Referensi:
INDONESIATERDIDIKTIK.ORG
Facebook Fan Page : inditik
Twitter : @inditik #bloggerinditik

Tulisan ini saya ikut sertakan dalam GURU BLOGGER INSPIRATIF 2014 @indiTIK
Bersama Masyarakat, Bantu Pemanfaatan TIK di Sekolah


 

2 Responses to "SINERGI TANGGUH Pemanfaatan E-Library, E-Sarpras dan Multimedia Center Sekolah guna memaksimalkan kemampuan TIK Civitas Sekolah "

Diyanika mengatakan...
[reply]

Ihh keren banget nih sekolahnya. Dan saya baru jali ini tahu ada e-sarpras.

Sukses untuk lombanya Pak. Salam kenal dari Demak.

andri gunawan mengatakan...
[reply]

Terima kasih pujiannya, Bu Ika. Iya, e-Sarpras gagasan baru yang Alhamdulillah dalam dekat ini terealisasi secara total. Statusnya sekarang On Progress :) Salam Kenal juga dari Sriwijaya, Bu.

Poskan Komentar

Profil Andri Gunawan

Image and video hosting by TinyPic
Andri Gunawan, merupakan Mahasiswa Teknik Industri di Universitas Tridinanti Palembang. Mendedikasikan diri untuk belajar, mengajar dan menjelajah ilmu pengetahuan dan kemampuan di bidang IT (Information Technology).

Teknisi CPU/Netbook/Notebook dan Perangkat Elektronik | Guru SMK Simulasi Digital | Konsultan Skripsi | Computer Course Home Schooling